DISLHK SUMUT


Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Bapak Hassanudin beserta robongan melakukan kunjungan kerja ke Pembangkit Listrik Berbahan Bakar Energi Baru Terbarukan (EBT) yakni PLTA Batu Gajah yang dibangun oleh PT Thong Langkat Energi di Desa Empus dan Desa Lau Damak, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

PLTA tersebut mampu menghasilkan daya mencapai 16 Mega Watt (MW) dengan memanfaatkan aliran Sungai Wampu yang kemudian dialirkan ke daerah Kuala, Marike, Tambunan, dan Bukit Lawang.

Ikut mendampingi Pj Gubernur; dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan diwakili Kasi Perlindungan Hutan dan Pemberdayaan Masyarakat UPTD. KPH Wilayah I Stabat.

Rombongan Gubernur disambut oleh jajaran PT Thong Langkat Energi serta melakukan peninjauan bersama.

Energi Baru Terbarukan (EBT) merupakan sumber energi yang diperoleh dari sumber alam yang dapat diperbaharui secara berkelanjutan.

Sumber daya EBT diperoleh dari alam yang tersedia terus menerus dan tidak terbatas sehingga tidak akan habis dan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Perlindungan Hutan dan Rehabilitasi Hutan di sekitar kawasan TNGL dan HPT Langkat merupakan cara untuk melindungi sumber air PLTA Batu Gajah sehingga pemanfaatannya dapat berkelanjutan. (11/05;kph-i)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *